Facebook Page

SELAMAT DATANG DI BLOG SATBRIMOBDA KALTARA

Selasa, 23 April 2013

Bintara Remaja Satbrimob Polda Kaltim Laksanakan Latihan Berganda

Balikpapan - Dalam rangka Meningkatkan kemampuan Brimob guna terciptanya kesiapsiagaan dan ketanggap segeraan sehingga terhindar dari kesalahan dalam menghadapi tugas gangguan Kamdagri berkadar tinggi yang terjadi di lapangan, maka Bintara Remaja Satbrimob Polda Kaltim  yang dipimpin langsung oleh Danki Pembina Bintara Remaja Satbrimob Polda Kaltim IPTU Iwan Pamuji mengadakan latihan berganda pada hari Senin sampai kamis tanggal 15-18 April 2013 dengan diikuti oleh 95 Bintara remaja 14 Pembina dan instruktur  dari seluruh  jajaran Satbrimob Polda Kaltim.
Latihan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 13 Maret s/d 18 April 2013. Terdiri dari 2 (dua) tahapan, tahap pertama latihan parsial tanggal 13 Maret s/d 14 April 2013, dilaksanakan di Makosat Brimob Polda Kaltim  sedangkan tahap kedua latihan berganda  tanggal 15 s/d 18 April 2013 dilaksanakan di wilayah  Pemkot Kota Balikpapan.
Pelaksanaan Latganda diawali dengan upacara pembukaan di lapangan apel makosat Brimob Polda kaltim. Dalam skenarionya terdapat ± 1000 demonstran  melaksanakan aksi unjuk rasa di kantor KPUD  Prov Kaltim yang tidak puas dengan keputusan KPUD Kaltim tentang hasil pilkada. Aksi unjuk rasa tersebut dapat dibubarkan oleh pasukan PHH Satbrimob Polda Kaltim namun ada sebagian pengunjuk rasa yang melakukan tindakan anarkhis dengan melakukan penjarahan dan pembakaran di komplek pertokoan dan rumah warga. Selanjutnya tim anarkis Satbrimob Polda Kaltim menurunkan 1 unit tim anarkis untuk melaksanakan  penindakan terhadap pelaku penjarahan dan pengrusakan rumah dan pertokoan milik warga.Selama pengejaran terhadap pelaku tindak anarkis menuju lokasi agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Satbrimob Polda kaltim menurunkan 3 team Resmob untuk melaksanakan  penyelidikan terhadap pelaku tindak anarkis yang melarikan diri tersebut. Selanjutnya peserta latihan mendirikan bivak di BOD (Basis Operasi Depan) yang telah ditentukan. Keesokan harinya peserta latihan diuji berbagai permasalahan mulai dari drill kontak dan bahaya garis seperti ketika  terjadi pergeseran pasukan  dari Agrowisata Beruang Madu menuju Desa Lamaru, pasukan dihadapkan dengan Pungdamah (pengepungan dan penggledahan rumah)dan lorong reaksi.
Setibanya di Desa lamaru, pasukan mendirikan bivak di BOD (Basis Operasi Depan) yang telah ditentukan. Keesokan harinya peserta latihan melaksanakan latihan penyebrangan sungai dilanjutkan dengan Navrad (Navigasi darat) dan PJD (Pertempuran Jarak Dekat) dan selanjutnya peserta pelatihan menirikan BOD (Basis Operasi Depan) sementara di daerah Perum Melati Ring road. Selanjutnya peserta pelatihan di PLB untuk melaksanakan Pungdahpungmah (pengepungan, penggeledahan kampung dan rumah).Puncak dari kegiatan diadakan upacara penutupan  yang dipimpin langsung oleh Kasat Brimob Polda Kaltim Kombespol Drs. Leo Bona Lubis di Aula Satbrimob Polda Kaltim.
Dengan dilaksanakan Latganda tersebut, diharapkan agar Bintara Remaja yang baru ini mampu melaksanakan tugas dalam rangka kesiapan Operasional  Satbrimob Polda Kaltim baik secara perorangan maupun kelompok untuk mahir dan terampil tentang aplikasi kemampuan Brimob sehingga menunjang kualitas kinerja Brimob serta terhindar dari kesalahan dalam bertindak di lapangan. Dengan motto “Lebih baik mandi keringat dalam latihan dari pada mandi darah dalam tugas”  Satbrimob Polda Kaltim siap melaksanakan latihan untuk mendukung keberhasilan Tugas. (admin*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar