Facebook Page

SELAMAT DATANG DI BLOG SATBRIMOBDA KALTARA

Kamis, 25 Juli 2013

Brimob Siap Back Up Lapas Tarakan



 TARAKAN – Situasi Kamtibmas di wilayah Utara Kalimantan Timur akan terwujud selaras dengan kesiapan dan kesigapan aparat pengemban tugas penjaga keamanan yang didukung oleh stake holder yang ada. Begitu juga di wilayah Tarakan, perkembangan situasi kamtibmas dapat terjaga dengan stabil baik di tengah masyarakat maupun di lingkungan yang saat ini menjadi sorotan yaitu tahanan di lembaga permasyarakatan. Lingkungan tersebut juga harus dijamin kestabilannya.

Jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan kelas II-A Kota Tarakan semakin “berjubel”. Dari standardisasi penghuni yakni 238 orang, kini melebihi kapasitas hingga 574 orang. “Kita terkendala mau mindahkan ke mana, biaya juga tidak sedikit. Satu ruangan (sel) yang seharusnya terisi 5 orang, malah terisi 10 orang, bisa kita bayangkan seperti apa,” beber Kepala Lapas Kelas II A Kota Tarakan, Agus Sukono.
Kelebihan kapasitas ini tidak hanya berpengaruh pada sel tahanan, namun berpengaruh pada penggunaan sarana lainnya seperti kamar mandi, tempat olahraga maupun fasilitas lainnya. kondisi tersebut tentu membutuhkan pembangunan blok baru sehingga mampu menampung seluruh tahanan dengan baik.
Selain over kapasitas, Lapas Tarakan ternyata juga mengalami kekurangan personel keamanan. Sementara ini, total jumah personel yakni 59 orang.“Dari 59 orang ini ada yang kerjanya atau tugas utamanya sebagai keamanan yang terbagi menjadi 4 sift, satu sift terbagi menjadi 6 orang, kalau pagi masih lengkap karena ada staf-staf lainnya, tapi ketika saat jam tertentu staf pulang dan tinggal 6 orang yang harus mem-back-up 574 orang,” Jelas Kalapas Tarakan Agus Sukono kepada Komisaris Polisi Agus Suharsoyo, SIK di selal-sela kunjungan ke Lapas Tarakan.
Untuk itu Brimob Batalyon C Pelopor yang merupakan Bagian dari Satuan Brimob Polda Kaltim siap memback up Lapas kelas II-A Kota Tarakan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh komandan Batalyon C Pelopor Komisaris Polisi Agus Suharsoyo, SIK saat melaksanakan koordinasi dengan Kalapas Tarakan pada hari Jum’at tanggal 19 Juli 2013. Pelaksanaan koordinasi ini dilaksanakan dengan maksud untuk kestabilan keamanan di lingkungan lapas Tarakan. Danyon juga menambahkan bahwasanya Personel Brimob Batalyon C Pelopor juga siap memback up jika sewaktu-waktu ada kejadian menonjol di Lapas Kelas IIA Kota Tarakan.(Ries)
Sumber: Radar Tarakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar