Facebook Page

SELAMAT DATANG DI BLOG SATBRIMOBDA KALTARA

Kamis, 23 Januari 2014

Kapolda Kaltim Buka Latihan Kemampuan Bagi Bintara Remaja


Balikpapan – Satbrimob Polda Kaltim dalam upaya memenuhi jumlah kekurangan personel pada tingkat Bintara sebagai wujud regenerasi di kesatuan Brimob Polri, maka dalam Januari 2014 ini Satbrimob Polda Kaltim mendapat tambahan sejumlah 233 Personel Bintara yang berasal dari Pusdik Brimob Watukosek dan Polgasum serta 2 Personel Polwan.  Penerimaan tambahan personel tersebut diatas merupakan target dari Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Leo Bona Lubis disamping untuk memenuhi DSP organisasi juga sebagai upaya persiapan dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2014. Pelaksanaan pengamanan Pemilu Tahun 2014 merupakan tolok ukur keberhasilan Polri dalam menjaga stabilitas kemanan dalam negeri termasuk menjamin terwujudnya Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil sehingga diperoleh Pemerintahan RI baru yang sah secara yuridis.
Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka Kepala Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Leo Bona Lubis memerintahkan pelaksanaan kegiatan latihan peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi lulusan Diktuk Brigadir Brimob T.A. 2013 sebanyak 235 Personel 2 personel diantaranya adalah Polwan dengan melibatkan Instruktur dan pembina sebanyak 75 personel dan materi yang diajarkan terdiri dari : Hak Asasi Manusia, Peraturan urusan Dalam, Peraturan Disiplin (PP 1,2 &3), Manajemen Konflik, KUHP, Analisa Daerah Operasi, Intel Dasar, Kode Etik Profesi Kepolisian, Navigasi Darat, Menembak, Search and Rescue, Reserse Mobil, Penanggulangan Huru Hara, Wanteror, Ketangkasan Lapangan Brigade Mobil, Jibom dan Latganda.
Pelaksanaan latihan dilaksanakan selama 1 bulan yang dimulai pada tanggal 20 Januari 2014 dengan diawali Upacara Pembukaan yang dilaksanakan di Halaman Makosat Brimob Polda Kaltim tepat pada pukul 08.00 Wita, dengan Inspektur Upacara Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Dicky D. Atotoy dan Komandan Upacara Kepala Detasemen A Pelopor AKBP Dwi Yanto Nugroho, SIK serta dihadiri Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Toto Adi Kuncoro, SH dan seluruh Pejabat Utama Polda Kaltim.
Dalam amanatnya, Kapolda menyampaikan bahwa pelatihan Brigadir ini merupakan serangkaian proses sistem pembinaan Satbrimob Polda Kaltim, sehingga akan diperoleh Brigadir-Brigadir yang memiliki kemampuan tehnik dan taktik dalam rangka mengemban tugas serta tanggung jawab sebagai alat negara dalam penegakan hukum, pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, pelatihan ini dipandang pula sebagai bagian dari penggelaran kemampuan Brigadir Brimob Polri sebagai tolok ukur kemampuan yang telah diperoleh dari lembaga Pendidikan dan perlu dikembangkan kembali sehingga siap dioperasionalkan mengingat tantangan tugas Polri kedepan akan semakin komplek, karena dihadapkan pada berbagai macam gangguan keamanan yang terjadi”.
Harapan yang ingin dicapai dari hasil pelaksanaan latihan tersebut adalah pengenalan terhadap lingkungan tugas yang baru, penambahan kemampuan dan keterampilan masing-masing personel khususnya fungsi Brimob Polri, peningkatan disiplin, soliditas personel kepada satuan, loyalitas serta patuh kepada pimpinan, senior maupun sesama rekan di lingkungan Satbrimob Polda Kaltim,  sehingga mampu menjalankan tugas sebagai anggota Brimob Polri yang tangguh, profesional, proporsional dan tanggung jawab serta patuh hukum, humanis dan menjunjung tinggi HAM.
Usai pelaksanaan upacara dilaksanakan acara pembinaan tradisi di halaman Makosat Brimob yang dipimpin oleh Wakasat Brimob Polda Kaltim AKBP Desman Sujaya Tarigan, SH dengan melaksanakan penyiraman air bunga terhadap perwakilan Bintara Remaja serta Polwan dilanjutkan dengan pemilihan kakak asuh.*Satbm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar